Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Bahan Alami – Setelah melahirkan atau saat berat badan bertambah secara pesat, akan muncul stretch mark yang dapat mengganggu penampilan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan stretch mark tanpa menggunakan bahan kimia yang beresiko?

Apa Itu Stretch Mark

Stretch mark terjadi akibat adanya peregangan rubrae hingga membuat kulit pecah dan memunculkan garis ungu atau merah di kulit. Baik pria maupun wanita dapat memiliki stretch mark yang dapat mengurangi rasa percaya diri karena muncul di beberapa bagian tubuh.

7 Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu memudarkan dan menghilangkan stretch mark di kulit:

  1. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki kandungan enzim, vitamin, dan nutrisi yang baik untuk kulit. Zat aktif yang terdapat dalam gel lidah buaya bersifat melembabkan dan menenangkan kulit, serta dapat menyembuhkan kulit yang iritasi atau rusak.

Oleskan gel lidah buaya secara teratur dengan diberi pijatan lembut setiap hari selama beberapa menit sebelum mandi.

  1. Gula Pasir

Gula pasir dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark secara alami karena dapat bekerja sebagai agen mikrodermabrasi. Pada klinik kecantikan, prosedur mikrodermabrasi adalah salah satu prosedur untuk memudarkan bekas stretch mark.

Anda dapat menggunakan gula pasir sebagai scrub dengan mencampurkan 1 cangkir gula pasir dengan ΒΌ cangkir minyak almond atau minyak kelapa. Gunakan scrub gula setiap kali mandi dan gosokkan dengan lembut ke bagian tubuh selama 8-10 menit.

  1. Vitamin A

Vitamin A dikenal sebagai vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata, namun tidak hanya itu. vitamin A juga banyak digunakan dalam bahan pembuatan kosmetik maupun krim topikal karena memiliki efek yang baik untuk kulit.

Anda dapat memudarkan dan menghilangkan bekas stretch mark secara alami dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A secara rutin. Makanan yang mengandung vitamin A tinggi diantaranya adalah wortel dan ubi.

  1. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan stretch mark secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan minyak kelapa. Sebab minyak kelapa mengandung vitamin E alami dan asam lemak yang baik untuk kesehatan kulit. Saat ini pun telah banyak produk-produk minyak kelapa yang tersedia di toko maupun supermarket terdekat.

Anda dapat mengoleskan minyak kelapa pada stretch mark setiap kali selesai mandi sebagai pelembab. Minyak kelapa sangat cepat diserap oleh kulit sehingga tidak meninggalkan kesan lengket.

  1. Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk merawat kulit yang memiliki bekas stretch mark. Minyak zaitun juga mengandung vitamin E dengan kadar tinggi yang bekerja sebagai antioksidan di kulit.

  1. Kontrol Berat Badan

Berat badan yang meningkat secara drastis merupakan salah satu penyebab munculnya stretch mark di kulit sehingga Anda perlu menjaga agar berat badan Anda tidak naik secara drastis. Kontrol berat badan ideal Anda untuk mencegah stretch mark muncul kembali.

  1. Jaga Kelembaban Kulit

Hindari kulit Anda menjadi kering karena dapat membuat stretch mark terasa gatal dan semakin bertambah. Anda dapat menjaga kulit agar tidak kering dengan rutin mengoleskan krim pelembab pada kulit Anda.

Anda perlu ingat bahwa stretch mark tidak dapat dihilangkan secara instan dan memerlukan waktu yang cukup lama. Namun cara menghilangkan stretch mark secara alami dapat membantu memudarkan warna dan perlahan menghilangkan stretch mark apabila dilakukan secara konsisten.

Leave a Comment