5 Cara Mengganti Password Wifi Paling Cepat

5 Cara Mengganti Password Wifi Paling Cepat – Kebutuhan internet saat ini menjadi prioritas masyarakat. Apalagi saat ini dunia sedang dilanda pandemic dan hampir semua aktivitas dilakukan secara online.

Saat ini hampir semua rumah memasang WIFI karena kebutuhan untuk pekerjaan, sekolah dan lainnya. Sehingga pengguna WIFI juga bertambah seiring berjalannya waktu.

Tetapi kita perlu waspada terhadap kebocoran WIFI kita. Karena beberapa tetangga nakal sengaja membobol password WIFI kita dan menggunakannya dengan seenak mereka.

Kita perlu mengetahui cara mengganti password WIFI agar kita bisa mengganti password secara berkala dan menghindari kecurangan dari tetangga yang nakal.

Karena rasanya pasti menyebalkan ketika ada yang numpang WIFI di rumah kita tanpa sepengetahuan kita. Itulah yang membuat WIFI lemot dan aktivitas kita terganggu.

Cara Ganti Password Wifi

Cara untuk mengganti password WIFI sangat mudah dan kamu bisa melakukannya di rumah. Kamu tidak perlu memanggil petugas atau teknisi untuk membantu kamu mengganti password WIFI.

Mengganti password WIFI mengikuti jenis router yang kita miliki. Ada beberapa router yang umumnya digunakan provider WIFI yang ada di sekitar kita.

Seperti ZTE atau Huawei adalah jenis router yang mungkin ada di rumah kita. Untuk mengganti password WIFI, kamu hanya perlu login ke halaman konfigurasi router yang kita gunakan.

Berikut ini cara mengganti password WIFI:

  1. Masuk Ke Halaman Konfigurasi Router

Kamu bisa langsung masuk ke halaman konfigurasi menggunakan PC atau handphone. Hal yang harus kamu ingat adalah kamu wajib masuk ke halaman konfigurasi ini ketika menggunakan jaringan WIFI.

Tujuannya adalah agar kamu bisa langsung terhubung dengan konfigurasi router dan mengganti passwordnya.

Ada beberapa alamat konfigurasi router yang bisa kamu masukkan. Kamu bisa mencoba salah satunya karena menyesuaikan jenis router kamu. Berikut alamatnya:

  • 168.1.1
  • 168.0.1
  • 168.2.1
  • 0.1.1

Pilih salah satu alamat diatas dan ketikkan di browser kamu. Otomatis kamu akan langsung masuk ke halaman tersebut.

  1. Login

Setelah berhasil masuk ke halaman konfigurasi, kamu akan dihadapkan pada menu login yang berisi nama pengguna dan admin.

Kamu bisa mengetik nama pengguna dengan “admin” dan passwordnya juga sama yaitu “admin”. Karena tiap router memiliki konfigurasi berbeda-beda. Kamu bisa mencarinya di Google untuk informasi lebih lanjut.

  1. Menu Wireless

Setelah berhasil login, kamu akan bertemu menu konfigurasi WIFI yang sangat banyak. Untuk mengganti password WIFI, kamu perlu masuk ke menu “wireless” atau WLAN

Menu WLAN ada di sebelah kiri. Setelah kamu pilih menu WLAN, kamu bisa pilih “security”. Jika sudah maka kamu akan bertemu kotak dialog yang berisi banyak data terkait router kamu.

  1. Ganti Password

Setelah masuk ke menu “security”, kamu akan melihat berbagai jenis data. Kamu perlu mencari menu yang bertuliskan “password” atau “shared key”.

Menu inilah yang akan digunakan untuk mengganti password WIFI. Ketikkan password yang baru untuk WIFI kamu. Pastikan kamu memasukkan kombinasi angka, huruf atau karakter khusus.

Masukkan 8 karakter password atau jika ingin lebih aman bisa lebih banyak karakter. Buatlah password yang sulit ditebak oleh banyak orang.

  1. Password Berhasil Diganti

Setelah kamu mengetik password baru, jangan lupa untuk menyimpannya. Jika sudah kamu bisa tekan “save” atau “apply”.

Itulah cara mengganti password WIFI. Nanti semua perangkat yang terhubung dengan WIFI kamu harus memasukkan password baru sebelum menggunakan WIFI. Selamat mencoba!

Leave a Comment