Cara Menggambar Pemandangan yang Unik dan Bagus

Cara Menggambar Pemandangan – Menggambar adalah salah satu hobi yang banyak sekali disukai orang. Bahkan menggambar bagi sebagian orang bukan hanya sekedar hobi saja, tetapi juga menjadi media untuk berekspresi dalam segala hal. Salah satu obyek yang biasanya digambar oleh kebanyakan orang adalah pemandangan.

Untuk bisa belajar atau tahu cara menggambar pemandangan maupun obyek lainnya, biasanya sudah diajarkan saat masih TK. Apalagi menggambar pemandangan, dimana bisa dibilang merupakan salah satu obyek favorit yang paling mudah. Selain itu obyek pemandangan juga bisa dipilih, mulai dari pantai, sawah, pegunungan, dan masih banyak lagi.

Langkah-langkah Saat Menggambar Pemandangan

Walaupun menggambar pemandangan merupakan salah satu obyek yang mudah, namun ada hal penting yang harus di perhatikan. Berikut beberapa langkah penting yang harus dipertimbangkan saat menggambar obyek pemandangan:

  • Memilih Obyek Pemandangan

Hal pertama yang dilakukan saat akan menggambar pemandangan tentu menentukan obyek pemandangan. Karena obyek pemandangan sendiri mencakup cukup luas dan ada banyak pilihan. Beberapa obyek pemandangan antara lain seperti pemandangan sawah di pedesaan, air terjun, pantai, dan banyak lagi lainnya.

Selain obyek pemandangan tempat, kamu juga bisa menggambar obyek pemandangan hewan. Contohnya seperti hutan dengan banyak burung, pemandangan ikan di bawah laut, atau kuda di padang rumput yang luas. Kamu bisa pilih obyek pemandangan sesuai yang kamu mau dan mudah kamu gambar.

  • Membuat Sketsa sesuai dengan Obyek

Hal kedua tentang cara menggambar pemandangan yang penting dan perlu kamu pertimbangkan adalah membuat sketsa yang sesuai dengan obyeknya. Sketsa merupakan goresan halus yang biasanya dilakukan menggunakan pensil pada saat mulai menggambar.

Biasakan untuk lebih dulu menggambar bagian utama atau bagian pentingnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kamu memiliki dasar tema lebih dulu, baru setelah itu menggambar detail lainnya. Tanpa adanya sketsa, kamu akan bingung mulai menggambar dari bagian mana dan malah akan memakan waktu lama.

Sebagai contoh jika kamu menggambar pemandangan alam gunung dengan hamparan sawah pedesaan. Kamu bisa mulai menggambar dengan membuat sketsa gunung dan sawah. Baru setelah itu kamu bisa menggambar detail lain seperti pohon, jalan, atau langitnya.

  • Memperjelas Bentuk Obyek

Setelah kamu membuat sebuah sketsa dari gambar pemandangan, hal selanjutnya adalah dengan memperjelas bentuk obyeknya. Kamu bisa memperjelas setiap obyek yang kamu gambar dengan pensil atau spidol berwarna hitam.

Dengan memperjelas bentuk atau tampilan obyek, sketsa yang sudah kamu buat akan semakin jelas dan obyek pemandangan yang kamu buat jadi lebih jelas. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa sketsa yang sudah kamu buat benar dan tidak ada salah lagi.

  • Menghapus Sketsa yang Tidak diperlukan

Dan langkah yang terakhir setelah kamu memperjelas sketsa awal adalah menghapus sketsa yang menurut kamu tidak diperlukan atau yang membuat gambar kamu kurang bagus. Biasanya setelah kamu memperjelas sketsa, akan tersisa garis-garis bekas sketsa awal. Kamu bisa menghapus garis-garis sisa tersebut yang mengganggu dan membuat gambar kamu tidak bagus.

Kreatif dan Tahu Obyek Penting dalam Menggambar Pemandangan

Itu tadi beberapa langkah yang dapat kamu lakukan pada saat menggambar obyek pemandangan. Selain tahu cara menggambar pemandangan, kamu harus punya kreativitas yang tinggi serta paham betul mengenai obyek pemandangan yang akan kamu gambar. Sebab dengan kreativitas serta pemahaman obyek yang benar, kamu bisa membuat gambar yang indah dan seperti pemandangan nyata.

Leave a Comment