Cara Mengambil Uang Di ATM Bagi Yang belum tau

Cara Mengambil Uang Di ATM Bagi Yang belum tau – Apakah Anda merasa repot jika harus mengambil atau menyetor uang ke bank setiap kali ingin menabung? Anda tidak perlu repot lagi karena saat ini sudah tersedia ATM. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui cara mengambil uang di ATM

Apa itu ATM?

ATM merupakan sebuah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri, atau dalam bahasa Inggris juga berarti Automatic Teller Machine. ATM adalah sebuah alat telekomunikasi yang berbasis komputer untuk menyediakan layanan perbankan seperti transaksi keuangan berupa mesin.

Fungsi ATM

Mesin ATM memiliki banyak fungsi selain untuk mengambil uang, Anda bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dari ATM. Berikut ini beberapa fungsi ATM yang perlu Anda ketahui:

  1. Tarik Tunai 24 jam

Fungsi pertama dan paling utama dari mesin ATM adalah tarik tunai, Anda bisa mengambil uang kapan saja di ATM selama 24 jam. Namun perlu diperhatikan bahwa setiap Bank menetapkan batas maksimal dari jumlah penarikan harian yang bisa Anda lakukan.

  1. Setor Tunai ke Rekening Tabungan

Fungsi kedua yaitu setor tunai, jika Anda ingin menabung maka Anda cukup datang ke mesin ATM terdekat saja tidak perlu lagi mengunjungi bank. Namun hanya beberapa mesin ATM tertentu yang menyediakan layanan ini.

  1. Transfer atau Kirim Uang

Anda bisa melakukan transfer uang ke rekening lain yang sama dengan bank Anda atau ke rekening bank lain. Biasanya jika Anda melakukan transfer atau mengirim uang ke rekening bank lain maka Anda akan dikenakan biaya transfer yang dipotong dari saldo tabungan Anda.

  1. Membayar Tagihan

Fungsi terakhir yaitu untuk membayar tagihan seperti tagihan kartu kredit, PLN, air, pulsa, hingga tagihan asuransi.

Cara Mengambil Uang di ATM

Salah satu fungsi ATM adalah untuk menarik tunai atau mengambil uang dari tabungan. Berikut ini cara mengambil uang di ATM yang perlu Anda ikuti bila Anda belum pernah mengambil uang di ATM sebelumnya:

  1. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM di tempat yang tersedia, pastikan gambar logo bank menghadap ke bagian atas
  2. Pilihlah bahasa yang ingin Anda gunakan yaitu bahasa Indonesia atau bahasa Inggris
  3. Selanjutnya masukkan 6 digit PIN ATM Anda, pastikan Anda memasukkan PIN dengan benar dan tepat. Anda hanya diberikan 3 kali kesempatan memasukkan PIN apabila melakukan kesalahan, jika lebih dari 3 kali Anda salah memasukkan nomor PIN, maka kartu ATM Anda akan diblokir.
  4. Selanjutnya akan muncul pilihan menu dan nominal angka dalam rupiah. Pilih jumlah uang yang ingin Anda ambil.
  5. Jika jumlah uang yang ingin Anda ambil tidak terdapat dalam pilihan menu, tekan Nominal Lainnya. Masukkan jumlah nominal sesuai jumlah uang yang ingin Anda ambil.
  6. Tunggu beberapa saat, mesin ATM akan memproses uang Anda. Jika transaksi berhasil dilakukan, uang Anda akan keluar beserta dengan resinya. Segera ambil uang Anda di tempat yang tersedia
  7. Setelah itu, akan muncul tulisan “apakah Anda ingin melanjutkan transaksi lainnya?” jika tidak, maka Anda dapat memilih “Tidak”, kartu ATM Anda akan keluar secara otomatis, dan transaksi selesai.

Pastikan Anda tidak meninggalkan kartu ATM ataupun barang berharga lainnya saat meninggalkan mesin ATM. Periksa kembali kartu ATM maupun barang-barang Anda. Demikianlah informasi cara mengambil uang di ATM yang dapat kami bagikan.

Leave a Comment