Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar dan Simple

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja – saat sedang mencari pekerjaan, membuat surat lamaran kerja adalah hal yang wajib dilakukan. Surat lamaran kerja juga menjadi poin penting bagi sebuah perusahaan atau tempat kerja untuk menerima calon karyawan. Agar Anda bisa memaksimalkan salah satu poin penting saat melamar, Anda harus tahu cara membuat surat lamaran kerja yang benar.

Dengan membuat surat lamaran kerja yang benar, Anda bisa memiliki peluang besar diterima di perusahaan yang Anda inginkan. Apalagi lapangan pekerjaan sekarang ini sangat terbatas sehingga persaingan untuk masuk ke dua kerja sangat ketat.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Pada umumnya, surat lamaran kerja yang diajukan ke mana saja tetap sama isinya. Baik itu online, bank, maupun lamaran pada perusahaan.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat surat lamaran kerja!

  1. Tempat dan tanggal surat

Bagian pertama adalah menuliskan tempat dan tanggal penulisan surat. Tuliskan tempat di mana surat ditulis. Begitu juga tanggal pada saat surat lamaran tersebut ditulis.

  1. Kepada yang dituju

Setelah menulis tempat dan tanggal surat, tulis Kepada Yth. nama pimpinan atau bagian HRD. Bila perlu lengkap dengan jabatan dan gelar. Bisa juga menulis kepada perusahaan yang dituju.

  1. Alamat tujuan

Tulis secara lengkap alamat lengkap perusahaan yang dituju. Jangan sampai melewatkan alamat karena bagian ini juga penting.

  1. Salam pembuka

Anda bisa menuliskan salam pembuka sesuai dengan kepercayaan yang Anda miliki.

  1. Kata pengantar

Ketika menulis kata pengantar atau pembuka surat lamaran ini, cantumkan sumber informasi lowongan kerja yang Anda dapatkan. Bisa itu dari surat kabar, internet, atau bahkan teman Anda.

Jangan lupa, tulis posisi jabatan yang ingin Anda ambil jika perusahaan tersebut membuka lowongan untuk beberapa posisi jabatan.

  1. Biodata

Cara membuat surat lamaran kerja selanjutnya, yaitu menulis biodata Anda sendiri. Tulis biodata Anda secara lengkap, mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor ponsel atau telepon, email, dan pendidikan meski tidak wajib.

Jika ingin menulis latar belakang pendidikan, cukup tulis pendidikan tertinggi yang pernah Anda tempuh.

  1. Pengalaman kerja dan kemampuan

Jika sebelum melamar kerja sudah pernah memiliki pengalaman di tempat lain, atau Anda mungkin memiliki kemampuan yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tempat Anda melamar, Anda bisa menuliskannya sehingga bisa menjadi nilai tambah bagi Anda.

  1. Penutup

Anda bisa menuliskan keinginan besar agar bisa diterima pada bagian penutup. Jangan lupa ucapkan terima kasih.

  1. Lampiran

Agar surat lamaran Anda semakin dilirik perusahaan, lampirkan juga beberapa hal pendukung, seperti: pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi sertifikat kompetensi (pelatihan atau kursus yang pernah diikuti).

  1. Hormat saya

Setelah selesai dengan beberapa hal sebelumnya, tulis bagian terakhir Hormat Saya, dan diikuti dengan nama lengkap dan tanda tangan Anda.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, Anda bisa menyelesaikan surat lamaran kerja. Tapi jangan lupa koreksi kembali agar tidak terdapat kesalahan penulisan atau hal-hal lain yang membuat surat lamaran Anda jadi kurang menarik.

Dengan cara membuat surat lamaran kerja seperti di atas, semoga bisa membantu Anda yang tengah mencari pekerjaan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan, dan semoga bisa segera diterima dan mendapat pekerjaan di perusahaan yang Anda inginkan

Leave a Comment